Impressi test ride Honda Revo FI….lincah dan enteng!! January 22, 2014
Posted by iwanbanaran in : Honda , trackback
Iwanbanaran.com
– Bro dan sis sekalian…tuntas sudah IWB godok artikel tentang test ride
Revo FI. Maaf jika terlalu lama banyak yang nunggu. Btw…sebagai motor
generasi ke-4 gen Revo….versi injeksi lebih agresif serta sporty. Detil
lekukan desain serba tajam ciri khas kendaraan modern. Nah…apakah
kegantengan visual seirama dengan semua paket yang disodorkan??. Mari
kita kupas satu persatu diartikel berikut ini…..

Secara teknis komparasi dibanding gen karbu…IWB sudah terangkan dengan gamblang disini. Oleh karena IWB akan konsen pada impressi test ride plus handling secara keseluruhan. Oke…langsung aja kangbro…
Ergonomi Riding & Style
Seperti umumnya bebek Honda…Revo FI
mengadopsi ciri khas ergonomi gen lainnya. Tidak bikin lelah dan tangan
cukup rileks mencengkram stang. Seat height juga bersahabat bagi biker
dengan tinggi dibawah rata-rata. Untuk IWB yang bertinggi 170cm….kaki
menapak sempurna tanpa kendala. Posisi dek juga lapang….lutut jauh dari
dinding tebeng. Dibanding gen lawas….untuk versi injeksi kita akan
disodori konsol speedo yang lebih ciamik. Khususnya hadirnya engine
checking signal saat kunci kontak dihidupkan….

Perbedaan lain jika mzbro melirik
kebagian kanan stang…kita tidak menjumpai lagi kabel gas. Komponen
tersebut kini tersembunyi secara manis dibalik casing. Praktis terkesan
lebih rapi dan ora “kleweran” (haiyahhh…boso ngendiiii kuwi
). Mencoba merasakan kekerasan jok….busa jebule nggak keras-keras amat.
Ketika ditekan…..empuk kangbro. Koq ada yang bilang Revo keras ya??.
IMHO….saat IWB coba langsung tidak terbukti. Impressinya soft dan cukup
nyaman….
Build quality/kualitas finishing
Secara build quality dan finishing…tidak
diragukan pabrikan Jepang memang tak tertandingi. Pernish cat serta
cetakannya halus. Mungkin agak susah mencari kelemahan disisi ini. Hanya
sedikit catatan….ketebalan material memang perlu mendapatkan perhatian.
Khususnya pada bagian tebeng, batok lampu serta casing body. Namun
secara keseluruhan….kualitas finishing tetap jempolan!
Engine & Perfomance
Awal testing hanya melaju 40-60km/jam.
Mendapatkan kesempatan jalan lurus dan sepi….sikuda besi IWB geber gas
mentok. Dibantu turunan….speed terbaik yang sukses IWB raih adalah
sekitar 95km/jam. Pada kecepatan ini nafas masih lega namun power rada
lemah. Sayang terbatasnya trek membuat IWB gagal menggali top speed.
Terus gimana impressi secara keseluruhan??…
Tidak butuh lama bagi IWB merasakan…bebek
ini mempunyai mesin berkarakter linear. Tak mengagetkan namun berisi
pada tiap gigi. Perpindahan gear rada keras tapi bertenaga. Jalur test
pegunungan naik turun dilibas secara eces. Sayang susah bagi IWB memberi
patokan berapa speed maksimum pergigi. lawong jalurnya serem kangbro.
Udah ciut meliuk-liuk…banyak aspal rusak diberbagai tempat. Boro-boro
ngintip speedo. Konsentrasi jadi banyak kedepan melihat jalanan
…..
Yang
patut menjadi catatan adalah climbing ability. Yup..kemampuan melahap
tanjakan termasuk juozz untuk ukuran bebek sekelasnya. Digandoli bobot
IWB yang mencapai 83kg….Revo FI tidak ditemui gejala kedodoran. Poin
penting bagi motor komuter tentunya. yang menyenangkan…kendati
digeber-geber, performa engine tetap stabil. Tidak ngedrop atau
kehilangan tenaga…
Bisa jadi akibat sumbangsih dari dinding
silinder spiny sleeves sehingga suhu dapur pacu tetap terjaga. Maklum
bro….dinding silinder model jeruk purut ini cepat melepaskan panas
dibanding tipe reguler. Model tersebut tidak ditemui pada gen karbu.
Satu weakness yang perlu diperbaiki hanyavibrasi pada stang saat digeber
pada RPM tinggi. Jika kadar getaran bisa dikurangi….kenyaman pasti akan
meningkat…..
Ride and handling
Pertama melaju kencang menggunakan Revo
memang rada ciut nyali. Karena sensasi enteng bener. Tapi ketakutan
tersebut buyar jika sampeyan sudah mengerti karakternya. Kenapa??. Sebab
motor ternyata cukup stabil. Karakter suspensi yang dicangkokkan masuk
kategori rada stiff sehingga dipakai cornering lebih pede nggak mantul.
Tentu saja kita tetap kudu fair membandingkan dengan motor sekelas.
Sebagai motor komuter….impressi riding and handling Revo enteng dan
lincah. Kayaknya cocok nih buat nyalip-nyalip dikemacetan….
Braking/pengereman
Pakem bro!. Tidak ada keluhan. Walau
belakang masih tromol….secara garis besar perangkat yang dijejalkan
sudah lebih dari cukup menjinakkan laju sang kuda besi….

Yup…itulah impressi test ride Revo FI.
Jika ada yang bertanya….gimana performa dibanding versi karbu?. Rada
susah menjawab sebab IWB belum pernah jajal langsung gen karbu. Hanya
saja jika mengintip spek power serta torque…keduanya hampir sama tidak
banyak perbedaan. Namun…dengan adanya revisi desain yang makin agresif
dan modern plus pengabut bahan bakar injeksi dengan sistem short cut by
pass pada filter fuel pump, O2 sensor & catalic converter, tanki
bahan bakar lebih besar…..Revo FI jelas lebih value dibanding karbu.
Btw…berikut video singkat testing Revo FI yang IWB abadikan menggunakan
kamera GoPro. Semoga menjawab rasa penasaran sampeyan semua. Ada
pertanyaan mzbro??…..(iwb)
Video test ride Honda Revo FI
Sumber:Iwanbanaran.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar